Analisa Website MAGMA Indonesia

1.    Tugas
A.     Teori Komputasi
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya – karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.
Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
·         Akurasi (bit, Floating poin)
·         Kecepatan (Dalam satuan Hz)
·         Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
·         Modeling (NN dan GA)
·         xKompleksitas (Menggunakan teori Big O)
Cabang Teori Komputasi
·         Teori Otomata
Teori otomata adalah pelajaran mengenai mesin abstrak dan masalah komputasional yang dapat dipecahkan menggunakan mesin tersebut. Mesin abstrak inilah yang disebut Otomata. Otomata berasal dari bahasa Yunani Automata yang berarti sesuatu yang mengerjakan sesuatu dengan sendirinya. Teori otomata sangat dekat hubungannya dengan Teori Bahasa Formal, karena otomata sering diklasifikasikan dalam kelas bahasa formal. Otomata digunakan sebagai model teoritis untuk mesin komputer, dan digunakan untuk membuktikan perhitungan.
·         Teori Bahasa Formal
Teori bahasa adalah cabang matematika yang bekutat dalam penggambaran bahasa sebagai sekumpulan operasi pada alfabet. Teori bahasa sangat bertautan dengan Teori Otomata, dimana otomata digunakan untuk menghasilkan dan mengenali bahasa formal. Ada beberapa kelas dalam bahasa formal dan setiap di antaranya lebih kompleks dari kelas sebelumnya. Karea otomata digunakan sebagai model komputasi, bahasa formal adalah mode spesifikasi yang lebih dipilih untuk semua masalah yang harus di hitung.
·         Teori Komputabilitas
Teori ini secara pokok menangani persoalan masalah yang mana yang dapat dipecahkan oleh komputer. Pernyataan bahwa masalah halting (proses yang terhenti-henti) tidak dapat dipecahkan oleh Mesin Turing adalah salah satu hasil terpenting dalam teori komputabilitas, sebagaimana menjadi contoh bagi masalah yang konkrit yang keduanya mudah untuk diformulasi dan tidak mungkin untuk di pecahkan menggunakan Mesin Turing. Banyak teori komputabilitas yang dibangun pada hasil masalah halting.
         
Implementasi Komputasi
1)      Komputasi Kimia
Komputasi kimia adalah cabang dari kimia yang menggunakan simulasi komputer untuk membantu dalam memecahkan masalah kimia. Ilmu ini menggunakan metode teori kimia, digabungkan dengan program komputer yang efisien, untuk menghitung struktur dan susunan dari molekul dan zat.
Penemuan komputasi kimia berawal dari sebuah gagasan teoritis pada perhitungan kimia yang dilakukan oleh Walter Heitler dan Fritz London pada 1927. Penggunaan komputer pada bidang kimia baru dapat diwujudkan pada beberapa tahun setelahnya, tepatnya 1940.
2)      Komputasi Geologi
Implementasi komputasi modern dalam bidang Geologi adalah GIS.  Geographic information system (GIS) atau Sistem Informasi Berbasis Pemetaan dan Geografi adalah sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan komputer yang berkait erat dengan sistem pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi. GIS lebih dikenal sebagai software tools, misalnya: ArcInfo, MapInfo, AutoCadMap, Grass, dan masih banyak lagi. Dengan tools yang sama maka GIS berkaitan dengan proses dan presentasi peta-peta skala kecil (peta LandUse, Kehutanan), sedangkan LIS berkaitan dengan peta-petaskala besar, yaitu peta bidang-bidang tanah (land parcels).
3)      Komputasi Fisika
Implementasi komputasi moderndi bidang fisika ada Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika,Komputer Sain dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang komplek pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan algoritma yang tepat.
Pemahaman fisika pada teori, experimen, dan komputasi haruslah sebanding, agar dihasilkan solusi numerik dan visualizasi /pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika. Untuk melakukan perkerjaan seperti evaluasi integral,penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultans, mem-plot suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan komplek yang menjadi tujuan penerapan fisika komputasi.
Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, baik MatLab, Visual Basic, Fortran,Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi. Suatu yang menjadi fokus perhatian kita disini adalah penggunaan visual basicsebagai alat bantu dalam pembelajaran dan pencarian solusi Fisika komputasi.
4)      Komputasi Matematika
Implementasi komputasi modern di bidang matematika ada numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah – masalah matematika. Bidang analisis numerik sudah sudah dikembangkan berabad-abad sebelum penemuan komputer modern. Interpolasi linear sudah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu. Banyak matematikawan besar dari masa lalu disibukkan oleh analisis numerik, seperti yang terlihat jelas dari nama algoritma penting seperti metode Newton,interpolasi polinomial Lagrange, eliminasi Gauss, atau metode Euler. Buku-buku besar berisi rumus dan tabel data seperti interpolasi titik dan koefisien fungsi diciptakan untuk memudahkan perhitungan tangan. Dengan menggunakan tabel ini (seringkali menampilkan perhitungan sampai 16 angka desimal atau lebih untuk beberapa fungsi), kita bisa melihat nilai-nilai untuk diisikan ke dalam rumus yang diberikan dan mencapai perkiraan numeris sangat baik untuk beberapa fungsi. Karya utama dalam bidang ini adalah penerbitan NIST yang disunting oleh Abramovich dan Stegun, sebuah buku setebal 1000 halaman lebih. Buku ini berisi banyak sekali rumus yang umum digunakan dan fungsi dan nilai-nilainya di banyak titik. Nilai f-nilai fungsi tersebut tidak lagi terlalu berguna ketika komputer tersedia, namun senarai rumus masih mungkin sangat berguna.Kalkulator mekanik juga dikembangkan sebagai alat untuk perhitungan tangan. Kalkulator ini berevolusi menjadi komputer elektronik pada tahun 1940. Kemudian ditemukan bahwa komputer juga berguna untuk tujuan administratif. Tetapi penemuan komputer juga mempengaruhi bidang analisis numerik, karena memungkinkan dilakukannya perhitungan yang lebih panjang dan rumit.

5)      Komputasi Biologi
Dalam implementasi komputasi modern di bidang biologi terdapat Bioinformatika, sesuai dengan asal katanya yaitu “bio” dan “informatika”, adalah gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Pada umumnya, Bioinformatika didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu ini merupakan ilmu baru yang yang merangkup berbagai disiplin ilmu termasuk ilmu komputer, matematika dan fisika, biologi, dan ilmu kedokteran, dimana kesemuanya saling menunjang dan saling bermanfaat satu sama lainnya.
Istilah bioinformatics mulai dikemukakan pada pertengahan era 1980-an untuk mengacu pada penerapan komputer dalam biologi. Namun demikian, penerapan bidang-bidang dalam bioinformatika (seperti pembuatan basis data dan pengembangan algoritma untuk analisis sekuens biologis) sudah dilakukan sejak tahun 1960-an.
Ilmu bioinformatika lahir atas insiatif para ahli ilmu komputer berdasarkan artificial intelligence. Mereka berpikir bahwa semua gejala yang ada di alam ini bisa diuat secara artificial melalui simulasi dari gejala-gejala tersebut. Untuk mewujudkan hal ini diperlukan data-data yang yang menjadi kunci penentu tindak-tanduk gejala alam tersebut, yaitu gen yang meliputi DNA atau RNA. Bioinformatika ini penting untuk manajemen data-data dari dunia biologi dan kedokteran modern. Perangkat utama Bioinformatika adalah program software dan didukung oleh kesediaan internet.
6)      Komputasi Ekonomi
Implementasi pada ilmu pengetahuan ekonomi adalah mempelajari agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macro economic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi. Karena dibidang ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh algoritma contohnya adalah memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan.
Salah satu implementasi komputasi modern pada bidang ekonomi yaitu dengan adanya situs web iklan baris  yang difokuskan untuk membeli dan menjual produk serta jasa secara real time. Iklan baris sendiri adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terperinci dalam bentuk teks.Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu diketahui oleh peminatnya.




B.      Penerapan Komputasi Modern di bidang Geologi
·         Website MAGMA Indonesia ( http://magma.vsi.esdm.go.id/ )
MAGMA Indonesia (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment in Indonesia) adalah aplikasi multiplatform (web & mobile) dalam jaringan berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi (gunungapi, gempabumi, tsunami, dan gerakan tanah) yang disajikan kepada masyarakat secara kuasi-realtime dan interaktif. Sistem ini dibangun dan dikembangkan secara mandiri oleh PNS Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak tahun 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open-source. MAGMA Indonesia meliputi aplikasi yang digunakan secara internal/pegawai (analisis data dan pelaporan) maupun eksternal/publik (informasi dan rekomendasi). Prinsip utama MAGMA Indonesia adalah mengubah data menjadi informasi dan rekomendasi yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. MAGMA Indonesia adalah sistem yang terus belajar dan berevolusi, fitur-fitur baru akan lahir disesuaikan dengan kebutuhan jaman. Diharapkan bahwa seluruh informasi kebencanaan geologi nantinya dapat diakses oleh masyarakat dengan mudah melalui satu jendela (single-window). Hal ini merupakan manifestasi hadirnya negara secara aktif di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mitigasi bencana geologi di Indonesia.
Pelayanan publik yang disajikan MAGMA Indonesia PVMBG saat ini terdiri dari:
1.      Gunungapi
a.      Informasi data pengamatan visual dan instrumental, tingkat aktivitas (status), dan rekomendasi gunungapi (Volcanic Activity Report/VAR)
b.      Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunungapi
c.       Informasi abu vulkanik gunungapi untuk keselamatan penerbangan (Volcano Observatory Notice for Aviation/VONA).
2.      Gempabumi dan Tsunami
a.      Informasi kejadian dan tanggapan gempabumi beserta analisis dan rekomendasinya
b.      Peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gempabumi.


3.      Gerakan Tanah
a.      Informasi kejadian dan tanggapan gerakan tanah beserta analisis dan rekomendasinya
b.      Peta Potensi maupun Zona Kerentanan Gerakan Tanah.
4.      Press Release
Informasi periodik mengenai kejadian spesifik maupun kegiatan koordinasi, sosialisasi, dan mitigasi bencana geologi lainnya.
5.      Lapor Bencana
Media pelaporan kejadian bencana geologi bagi masyarakat, pemda, maupun lainnya di sekitar wilayah bencana (Society Reporting System/SRS)


·         Kelebihan dan Kekurangan Website MAGMA Indonesia
Kelebihan dari aplikasi MAGMA Indonesia adalah aplikasi yang dapat menyajikan berbagai informasi mengenai Gempa Bumi, Gunung Meletus, Pergerakan Tanah (Longsor), Tsunami dan menyajikan informasi abu vulkanik gunung api bagi yang berguna untuk keselamatan penerbangan secara Real-Time yang bisa di akses siapa saja oleh masyarakat yang ingin mengetahui bencana apa saja yang sedang terjadi di Indonesia pada hari, jam, menit dan detik yang sama. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui Website dan dapat di unduh di Smartphone atau Mobile. Saya menganalisa aplikasi tersebut namun saya tidak menemukan informasi secara Real-Time pada aplikasi website MAGMA Indonesia, yang saya dapatkan pada website tersebut hanya informasi bencana yang sumber datanya sudah terkumpul jadi satu lalu di perbaharui di website MAGMA Indonesia, namun pada saat saya melakukan analisa dan melakukan perbandingan pada aplikasi mobile MAGMA Indonesia, terdapat informasi Real-Time pada aplikasi MAGMA Indonesia. Pada website MAGMA Indonesia user bisa melihat informasi detail mengenai gunung api aktif, longsor, tsunami ataupun gempa bumi apabila user menekan icon-icon yang sudah tersedia. Saya mengambil contoh untuk menekan icon gunungapi anak krakatau, setelah saya menekan icon itu lalu muncul sebuah informasi administratif, cuaca sekitar gunung anak krakatau dll. Selain user mendapatkan informasi tersebut, user juga bisa mengetahui keterangan icon-icon yang terdapat pada Peta. Yang membuat saya kagum ialah website ini juga menyajikan informasi tentang ketebalan abu vulkanik gunung api. Informasi tersebut sangat berguna untuk menyampaikan informasi kepada para pilot untuk memantau ketebalan abu vulkanik untuk memperlancar penerbangan dan yang sangat penting ialah untuk keselamatan penerbangan. Pada website MAGMA Indonesia terdapat Live Seismograf. Seismograf adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan mencatat gempa bumi atau getaran yang terjadi pada permukaan bumi. Live Seismograf yang terdapat pada web tersebut akan terupgrade kembali selama 30 menit sekali. Di dalam web tersebut juga terdapat Press Release. Informasi yang akan muncul di halaman Press Realese adalah informasi yang akan di update oleh Badan Geologi jika terjadi bencana.

Kekurangan dari aplikasi MAGMA Indonesia adalah terdapat satu halaman yang menjelaskan atau menampilkan nama gunung-gunung aktif di indonesia, code warna untuk status gunung tersebut, tanggal gunung tersebut terakhir aktif namun pada halaman tersebut user tidak bisa menampilkan detail secara keseluruhan mengenai informasi tersebut.

Di website tersebut juga terdapat Live Seismoraf yang selalu update setiap 30 menit, namun sangat disayangkan ternyata Live Seismograf tersebut masih berupa gambar yang selalu di upload setiap 30 menit. Seharusnya di dalam website tersebut juga memperlihatkan gerakan seismograf setiap detik dan pada Live Seismograf tersebut hanya menampilkan beberapa Gunung saja dan tidak menampilkan seluruh gunung yang ada di Indonesia. Kekurangan pada website MAGMA Indonesia ialah mereka tidak memiliki fitur “Lapor Bencana”. Sedangkan fitur “Lapor Bencana” hanya terdapat pada aplikasi mobile saja.

·         Kesimpulan
Adanya Implementasi komputasi modern dalam bidang Geologi sangatlah berguna untuk membantu menyebarkan informasi mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi. Aplikasi MAGMA Indonesia adalah salah satu aplikasi website atau mobile terlengkap yang dapat menyediakan informasi mengenai sebuah bencana yang sedang terjadi di Indonesia seperti Gempa Bumi, Gunung Meletus, Tsunami, dan Pergerakan Tanah atau Longsor. Secara keseluruhan website tersebut sangatlah berguna bagi pengguna yang ingin mengetahui perkembangan peristiwa-peristiwa yang sedang sering terjadi ataupun yang sudah terjadi di Indonesia. Namun jika pengguna ingin memakai aplikasi tersebut secara lengkap, pengguna harus men-download aplikasi tersebut di Smartphone.

Comments