POKOK BAHASAN MASALAH 6
USER INTERFACE PADA GAME KOMPUTER
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface)
berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem
pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian
sistem secara berurutan sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan
terhadap suatu sistem. Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI
lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari
pengguna yang sebenarnya, atau player. Sebuah Desain Antarmuka (Interface) pada
suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game
tersebut.
Dalam
desain user interface game, terdapat sebuah teori yang dikemukakan oleh Erik
Fagerholt dan Magnus Lorentzon dari Chalmers University of Technology. Dalam
tesisnya mereka menulis tesis tentang desain user interface berjudul Beyond the
HUD – User Interfaces for Increased Player Immersion in FPS Games.Mereka
memperkenalkan istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain
video game. HUD itu sendiri kepanjangan dari Heads – up display, merupakan
metode dimana informasi secara visul disampaikan kepada pemain sebagai bagian
dari antarmukan pengguna permainan. Biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health
Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul di atas kepala karakter.
Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.
POKOK BAHASAN MASALAH 7
PENAMPILAN GRAFIK SCENE GAME KOMPUTER
A. VISIBILITY
Visibility
merupakan tampilan grafik scene game pada komputer. Untuk menciptakan sebuah
game yang terlihat menarik dan berkualitas sehingga user atau pengguna dapat
menikmati game tersebut.
Game
dengan tipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan, diantaranya :
·
2
Dimensi Graphic
Gambar 2D berperan dalam membuat game
sebagai tekstur untuk objek, latar belakang seperti langit dan pemandangan,
meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
·
Dimensi
Object / Model
Tipe pemodelan 3D Object/ Model inilah
yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, objek-objek
seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon dan bukit. Objek 3D seperti ini
bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash dan Blender.
Selain
kedua tipe pemodelan diatas, pada video game sering terdapat istilah scene
2.5D. Pada dasarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dengan dengan scene 2D
(dua dimensi). Namun pada 2.5D terdapat beberapa fitur tambahan berupa efek
cahaya bayangan dan hal lainnya yang dibuat seakan-akan menyerupai scene 3D.
Pada
gameplay terlihat seperti game 2D, dimana hanya dapat bergerak secara
horizontal dan vertical. Namun pada beberapa gambar terdapat proses rendering
secara 3D. Teknik grafik 2.5D ini biasa disebut dengan pseudo-3D,
sedangkan istilah pada game dengan tipe ini dikenal
dengan isometric/diametric/trimetric projection.
Kegunaan
2.5D didalam game berperan sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe,
double dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini berguna
untuk memberikan efek yang lebih 'hidup' pada saat posisi pemain bergerak dalam
game tersebut. Pada video game, biasanya scene 2.5D ini lebih digunakan dalam
visualisasi geografis (GVIS) untuk membantu memahami representasi visual
spasial-kognitif atau visual 3D.
B. LEVEL
OF DETAIL
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk
tingkat detail melibatkan pada menurunkan kompleksitas representasi objek 3D
seperti untuk bergerak menjauh dari penampil atau sesuai dengan metrik lainnya
seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi.
Tingkat teknik detail meningkatkan
efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis,
transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering
diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak
cepat.
Comments
Post a Comment