Pengenalan Java
Apa itu Java ?
Java adalah salah satu bahasa pemrograman
berorientasi objek (OOP Object Oriented Programming). Paradigma OOP
menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.
Keutamaan Java disbanding bahasa pemrograman lain:
a. Cross platform, dengan adanya Java Virtual Machine(JVM)
b. Pengembangannya didukung oleh programmer secara
luas
c. Automatic Garbage Collection, membebaskan programmer dari tugas manajemen
memori
d.
Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)
Pemisalan Objek dalam OOP
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2
karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya
status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem,
mempercepat, ubah gir).
Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai
karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang
dalam Bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku
yang diimplementasikan sebagai Method.
Karakteristik OOP
1. Enkapsulasi(Pembungkusan)
Enkapsulasi adalah pelindung program dan data yang
sedang diolah. Enkapsulasi mendefinisikan perilaku dan melindungi program dan
data agar tidak diakses secara sembarangan oleh program lain.
Dalam Java, dasar enkapsulasi adalah class. Anda membuat suatu class
yang menyatakan bahwa variable atau method sebuah class tidak dapat
diakses oleh class lain dengan menjadikan class tersebut private,
atau menjadikan class tersebut protected – yaitu hanya bisa diakses oleh
turunannya, atau menjadikan class tersebut public – yaitu bisa diakses
oleh sembarang class.
2. Inheritansi
Objek-objek yang berada di sekitar kita adalah
objek-objek yang saling terhubung secara hirarkis. Misalnya Lingkaran dan Bujur
Sangkar adalah turunan dari bentuk 2D dan Bentuk 2D adalah turunan dari Objek
Gambar.
Objek Gambar Bentuk 2D Bentuk 3D Lingkaran Bujur Sangkar Piramida
Bola Lingkaran dan Bujur Sangkar
mewarisi(inherit) sifat-sifat dari bentuk 2D,
juga mewarisi sifat-sifat dari objek gambar Lingkaran
dan Bujur Sangkar dapat dikatakan subclass dari bentuk 2D. Bentuk 3D adalah superclass dari Bola dan Piramida, dan seterusnya.
3. Polimorfisme
Walaupun
Lingkaran dan Bujur Sangkat sama-sama turunan dari
Bentuk 2D, tetapi cara menubah ukuran masing-masing berbeda, untuk
lingkaran anda harus merubah besar jari-jarinya, sedang untuk bujur sangkar
anda harus mengubah panjang sisinya. Dalam Java implementasi, method suatu
parent-class dapat diubah oleh sub-class, hal ini dikenal dengan overriding
method. Deklarasi method sama tetapi implementasi atau definisinya
berbeda(Method atau perilaku yang sama tapi implementasinya/caranya yang
berbeda-beda inilah yang
disebut dengan Polimorfisme).
Menulis Program Java
Aturan penulisan program di Java
a. Java adalah turunan dari C, sehingga Java memiliki
sifat C yaitu Case sensitive, yaitu membedakan antara huruf besar dan
kecil
b. Dalam sebuah file program di Java, hanya diijinkan
memiliki 1 buah class yang bersifat public
c. Dalam sebuah file program Java, hanya ada satu
method main(method yang pertama kali dibaca oleh interpreter Java)
d. Nama sebuah file program Java harus sama dengan
nama class yang memiliki method main() di dalam tubuhnya. Perhatikan bahwa tulisan
nama file dengan nama class (huruf besar maupun kecilnya) haruslah persis sama.
Berikut adalah contoh membuat program dengan
menggunakan Java.
Pada program akan ditampilkan tulisan “Hello World !“
//Nama File Hello.java
class Hello
{
public static void main(String args[])
{
System.out.println(“Hello World !”);
}
}
Langkah selanjutnya :
1.
Simpan
dengan nama: Hello.java
2.
compile
Hello.java : javac Hello.java
3.
hasilnya
akan menghasilkan : Hello.class
4.
jalankan
Hello.class: java Hello.class atau java Hello
5.
akan
keluar hasil :
Hello world!
Programming Tip :
Dalam penulisan bahasa program, disarankan :
a.
Huruf
depan dari sebuah class atau method menggunakan huruf besar
b.
Menulis
Komentar pada sebuah class atau method untuk memudahkan debug(pencarian
kesalahan). Serta mempermudah orang lain membaca program kita. Ingat !!! Dalam
dunia nyata, programmer bekerja secara team, jadi usahakan partner team
mengerti apa yang kita buat dengan memberikan komentar(tentang pembuatan
komentar akan dibahas dibawah)
c.
Membuat
indentasi(jarak antara induk perintah dan anak perintah). Identasi sebisa
mungkin dibuat standard, semisal pada contoh diatas, jarak antara tulisan
“class Hello” sebagai induk perintah dengan tulisan “public…..” sebagai anak
perintah adalah 5 spasi. Sekali lagi, ini untuk mempermudah dalam pengertian
program.
Comments
Post a Comment