1.
Tugas
A.
Pengantar Komputasi Modern
Komputasi
bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input
dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori
komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan
tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan
kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang
dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan
dengan menggunakan komputer. Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu
yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik
penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan
memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya
berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk
menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam
perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang
mendasar dalam ilmu.
Bidang
ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi,
komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan
percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu
alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru,
melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan
landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata
dalam ilmu tersebut.
Komputasi
juga sering diartikan sebagai sebuah komputer secara fisik. Sebagai contoh dari
sistem fisik yaitu komputer digital, komputer quantum, komputer penganalisa
DNA, dan komputer molekular. Sudut pandang ini dipelajari di cabang ilmu teori
fisik yang disebut Physic of Computation. Bahkan ada sudut pandang yang lebih
radikal berbasis dalil Digital Physic yang menyatakan bahwa evolusi alam
semesta itu sendiri adalah sebuah proses komputasi – disebut
Pancomputationalism.
Kelas
Komputasi dibagi menjadi 3 kriteria:
1) Digital
vs. Analog
2) Sekuensial
vs. Konkuren
3) Batch
vs. Interaktif.
Ilmu
komputasi memiliki beberapa penelitian spesifik, yaitu :
·
Numerical Analysis (Analisa Numerik) –
Mempelajari algoritma untuk masalah continuous mathematics (berbeda dengan
matematika diskrit).
·
Computational Physics (Fisika) – Mempelajari
implementasi algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif
fisika yang sudah ada. Sering dianggap sebagai cabang menengah diantara fisika
teoritis dan fisika eksperimental.
·
Computational Chemistry (Kimia) – Merupakan
salah satu cabang kimia yang menggunakan ilmu komputer untuk membantu
menyelesaikan masalah kimia. Hal yang dipaparkan dari dari teori kimia
digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur dan
sifat molekul.
·
Bioinformatics (Biologi) – Merupakan sebuah
aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi
molekuler.
·
Computational Neuroscience (Jaringan Saraf)
– Mempelajari fungsi otak dalam memproses informasi yang membentuk sistem
jaringan saraf. Merupakan bidang yang berada diantara neuroscience, ilmu
kognitif dan psikologi dengan teknik elektro, ilmu komputer, matematika dan
fisika.
·
Cognitive Science (Ilmu Kognitif) – Sebuah
cabang ilmu menengah yang mempelajari bagaimana informasi dibentuk dan
digambarkan oleh otak.
·
Computational Sociology (Sosiologil) –
Sebuah cabang ilsu sosiologi yang menggunakan metode komputasi intensif untuk
menganalisa fenomena sosial.
·
Computational Economics (Ekonomi) –
Mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi. Area yang tercakup antara
lain agent-based computational modeling, computational econometrics dan
statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic
systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan
pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
Komputasi modern bisa disebut sebuah
konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah
memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini
kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer
merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John
Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari
solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu
meliputi:
·
Akurasi
·
Kecepatan
·
Problem Volume Besar
·
Modelling
·
Kompleksitas
B.
Sejarah Komputer
1.
Generasi Tabung Vakum
Penciptaan
komputer untuk pertama kalinya diciptakan pada tahun 1946 serta menggunakan
tabung vakum untuk komponen baku pada komputer ini. Penggunaan tabung vakum
sangat tidak efisien karena dapat menghasilkan panas berlebih serta membutuhkan
daya listrik yang besar. Komputer ini dibuat oleh Mauchly dengan menggunakan
18.000 tabung vakum berukuran 1800 ft2dan berat 30 ton.
Komputer
generasi pertama ini masih menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa
pemrogramannya. Bahasa mesin sendiri juga menjadi bahasa pemrograman yang
paling dasar dan hanya bisa dipahami oleh komputer. Dalam satu waktu, komputer
generasi pertama dapat memecahkan masalah dengan kemampuan yang terbatas.Input
yang digunakan pada komputer generasi pertama ini menggunakan sebuah kartu
berlubang atau punched card serta pita kertas. Sedangkan untuk output
yang digunakan, komputer generasi pertama menggunakan output
berupa print-out. Hampir sekitar 1 juta dollar dihabiskan untuk membuat
komputer yang sangat menakjubkan pada masanya.
2.
Generasi Transistor
Sejarah
komputer berlanjut pada generasi transistor. Adanya transistor ini juga dapat
menjadi tanda munculnya generasi kedua dari komputer. Sehingga tabung vakum
tergantikan dengan transistor ini yang mana dapat meningkatkan teknologi pada
masa tersebut.Teknologi transistor ini dipakai sekitar tahun 1959 sampai 1965.
Jika dilihat lagi, ukuran transistor jauh lebih kecil dibandingkan dengan
tabung vakum. Selain dari segi ukuran, panas yang dihasilkan juga lebih
sedikit. Tidak hanya itu, tingkat kegagalan cenderung lebih kecil. Sehingga,
transistor dapat menjadi komputer yang lebih baik dari komputer dengan tabung
vakum.
Untuk
bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer ini, tentunya menggunakan
bahasa pemrograman yang berbeda. Jika sebelumnya menggunakan bahasa mesin, maka
pada generasi ini sudah menggunakan bahasa assembly. Pada masa ini juga,
bahasa pemrograman CBOL dan FORTRAN juga sedang dikembangkan.
3.
Generasi IC
Untuk
generasi ketiga, komputer pada masa ini menggunakan sirkuit terintegrasi atau
IC sebagai pengganti transistor. Transistor pada generasi sebelumnya diperkecil
kemudian diletakkan pada IC yang mana pada IC terdiri dari berbagai transistor,
resistor, serta kapasitor. Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh seorang
insinyur listrik yang bernama Jack Kilby. Jack Kilby kemudian diberi
penghargaan nobel atas penemuan komputer generasi ketiga ini. Hal ini
dikarenakan penemuannya dapat membuat komputer menjadi lebih cepat dan efisien
serta membuat komputer dengan IC lebih cepat dari generasi sebelumnya.
Selain
itu, komputer IC merupakan komputer pertama yang menggunakan keyboard dan
monitor yang mana sebelumnya masih menggunakan kertas. Karena ukurannya lebih
kecil dan harganya yang murah, orang-orang pada masa itu dapat membeli komputer
ini.
4.
Generasi Microprosessor
Sejarah
komputer dan perkembangannya berlanjut hingga pada microprocessor yang sampai
saat ini masih digunakan oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Awal
dari komputer microprocessor ini dibuat oleh IBM pada tahun 1971 yang kemudian
pada 1984 Apple merilis Macintosh. Lahirnya generasi komputer microprocessor
ini juga menjadi penanda kelahiran internet. Perkembangan dari komputer ini
bisa dilihat dengan adanya GUI sebagai tampilan, mouse, serta komputer jinjing
atau laptop.
5.
Generasi AI (Artificial Intelligence)
Sejarah
komputer dan perkembangannya terus berlanjut sampai saat ini hingga tercipta
sebuah teknologi bernama AI, AI dapat
menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat secara langsung
berbicara dengan komputer serta adanya kemampuan dalam penghematan energi
komputer selain itu juga berbasis GUI (Graphic User Interface), multikomunikasi
dan multimedia. Generasi komputer AI yang
berarti kecerdasan buatan ini dapat melakukan input yang lebih baik. Bahkan
dengan teknologi AI ini, kita dapat menginput bahasa yang diucapkan sehari-hari
serta dapat mempelajari lingkungan sekitar serta menyesuaikan keadaan. Sehingga
teknologi AI ini dinilai menjadi terobosan terbaru dari komputer, tidak jarang
juga banyak developer yang menggunakan sistem AI.
C.
Macam-macam komputasi modern
Komputasi
modern terbagi menjadi tiga macam, yaitu :
I.
Mobile Computing atau komputasi bergerak
adalah kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan
jaringan tanpa kabel dan mudah dibawa dan mudah di pindah – pindahkan. Contoh
dari perangkat komputasi bergerak, seperti smartphone, GPS, dll.
II.
Grid Computing atau komputasi grid
menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan
terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar, ada
beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid,
adalah:
·
Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi
tidak dibawah kendali pusat.
·
Sistem menggunakan standart dan protocol
yang terbuka.
·
Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan
yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan
komputasi grid.
III.
Cloud Computing atau Komputasi cloud
merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang
sering menyediakan layanan melalui internet, Komputasi cloud menggambarkan
pelengkap baru, konsumsi, dan layanan IT berbasis model dalam internet dan
biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual
yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Perbedaan diantara ketigannya adalah:
1) Komputasi
Mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan
komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
2) Biaya
untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid
dan cloud.
3) Komputasi
mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana – mana, sedangkan grid
dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
4) Untuk
komputasi mobile, proses tergantung si pengguna. Komputasi grid proses
tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud
prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Daftar
Pustaka
Kelebihan
·
Artikel yang di tulis oleh febbyramadhania
sangat mudah dipahami
·
Materi yang diberikan oleh febbyramadhania
sangat lengkap dan materi yang diberikan memuat gambar-gambar yang membuat saya
mengerti informasi mengenai komputasi modern
·
Pada referensi artikel yang kedua materi
yang diberikan cukup lengkap, sejarah komputer pun di jabarkan secara rinci dan
tidak ada yang kurang
·
Sejarah pada artikel tersebut dibagi menjadi
2 bagian dan 2 materi tersebut mudah dimengerti
·
Kontras warna antara tulisan dan background
pun sangat menyatu dan dapat dengan mudah dibaca dan dilihat
Kekurangan
·
Kontras warna antara tulisan dan background
pada blog febbyramadhania kurang menyatu dan kurang dapat dibaca dengan mudah
karena warna font yang terdapat pada blog tersebut berwarna abu-abu dan
background berwarna putih.
·
Dan ukuran tulisan pada blog febbyramadhania
tersebut sangatlah kecil
·
Pada tampilan blog febbyramadhania terdapat
sebuah gambar yang berada diatas halaman dan gambar tersebut cukup mengganggu
dikarenakan gambar tersebut sangatlah besar
·
Pada blog febbyramadhania terdapat beberapa
iklan yang cukup mengganggu buat saya
·
Dan pada blog tersebut terlihat polos tidak
ada gambar atau animasi yang dapat menarik perhatian pengunjung
·
Pada artikel kedua penulis tidak
mencantumkan daftar pustaka atau referensi materi yang didapat
·
Artikel kedua juga tidak mencantumkan nama
penulis, hari dan tanggal artikel tersebut dibuat
Comments
Post a Comment