Perancangan Game PES 2016

DESAIN GRAFIS
Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.
Definisi Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

TUJUAN DESAIN GRAFIS
Tujuan Desain grafis merupakan cara berkomunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan fasilitas gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Secara umum, orang akan lebih cepat menerima pesan dalam bentuk visual dibandingkan dalam bentuk teks. Bentuk visual juga lebih universal ditangkap oleh manusia dengan berbagi latar belakang yang berbeda.

MANFAAT DESAIN PEMODELAN GRAFIS DALAM BIDANG PERANCANGAN
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

DESAIN GRAFIS DALAM PERANCANGAN GAME
Pada tahapan perancangan game, terbagi menjadi 2 tahapan besar, yaitu meliputi perancangan karakter, item, dan perancangan balancing. Proses selanjutnya adalah tahapan perancangan dengan software yang telah digunakan yaitu UDK dan menggunakan 3Ds Max untuk modeling.
ANALISA PERANCANGAN GAME
            Pada pertemuan kali ini saya akan menganalisa Perancangan Game PES (Pro Evolution Soccer) 2016. Pada perancangan game PES 2016 ia menggunakan teknologi 3D Face Scan / Face Recognition, teknologi ini dinamakan Fox Engine. Merancang PES bukan lagi merancang di dalam software (seperti autocad, blender, cavia dll) karena apabilla kita merancang didalam software/aplikasi tersebut maka, penyelesaiannya (seperti menggambar dan menganalisa karakter wajah si pemain dll) juga membutuhkan waktu yang sangat lama.
Teknologi Face Scan bisa menunjukkan  wajah pemain sepakbola yang sejatinya adalah nyata dapat di visualisasikan dalam bentuk video game. Seakan-akan pemain tersebut berada dalam video game yang kita mainkan. Selain Teknologi Face Scan ada juga baju khusus yang akan dipakai oleh pemain dan gerakanya nanti akan terekam oleh komputer yang nantinya bisa menjadi bahan bagi designer untuk mengatur gerakan pemain (seperti gerakan menggiring bola, selebrasi gol, menundul, menendang dll). Selain baju khusus, di tempat pembuatan game tersebut juga ada kamera dan kamera tersebut diletakkan di berbagai sudut. Dan kamera tersebut yang akan menangkap foto pemain dari setiap lekuk tubuhnya, terhitung sekitar puluhan kamera standby untuk menjepret foto.
Face recognition adalah teknologi biometrik yang melakukan analisa melalui bentuk wajah. Media  yang digunakan untuk mengenali wajah tersebut dapat menggunakan webcam atau kamera. Media tersebut terhubung dengan sistem yang akan melakukan pemindaian terhadap gambar yang didapat. Yang menjadi aspek pemindaian dalam Face Recognition adalah jarak antara mata, lebar hidung, bentuk tulang pipi, panjang garis rahang, bentuk cekungan pada dagu.
Dibawah ini adalah salah satu contoh gambar pada perancangan game PES 2016

Gambar diatas adalah pemakaian baju khusus yang dipakai oleh pemain yang nantinya setiap gerakan pemain akan terekam oleh kamera yang akan masuk kedalam system computer.




Dan pada ketiga gambar diatas adalah contoh pembuatan pola wajah para pemain yang  sudah menggunakan baju khusus. Ketika foto sudah masuk kedalam komputer kemudian para perancang game tersebut akan merancang lebih detail lagi kedalam bentuk grafis yang akan bisa berubah kedalam bentuk video game.

   Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk melihat isi blog saya. Saya mohon maaf apabila ada kesamaan dan kesalahan yang terdapat pada blog saya. Semoga bermanfaat.

Comments